Puisi Anak Islami terbaik

Posted on

Puisi anak islam

Puisi Anak Islami – blog puisi ini memang merupaakan blog berisi kumpulan terbaik. Menurut saya sendiri. Karena tidak ada yang memuji, maka aku yang memuji diri sendiri. Hahaha. Pada kesempatan ini kami akan menyajikan puisi anak islam setelah sebelumnya kami menyajikan puisi yang tidak kalah eloknya. Yaitu puisi tentang alam pedesaan.

puisi anak islami, puisi anak islam, puisi anak tk islam, puisi islami untuk anak sd, puisi islam untuk anak, puisi islami anak pendek
puisi anak islami (gambar dari google)

Anak anak ibarat kertas polos yang perlu kita tulis dengan kebaikan dan kebahagiaan. Agar kelak apabila sudah dewasa tidak salah jalan. Dan salah satu pendidikan yang perlu diterapkan adalah pendidikan tentang agama. Karena kita tahu sendiri betapa pentingnya pendidikan agama dalam menangkal kenakalan remaja

Dan cara paling mudah adalah dengan memberinya puisi agama. Jadi selain menunjang prestasi di sekolahan puisi anak islam ini juga menanamkan nilai tauhid. Ayo yang punya anak SD atau anak TK, silahkan diperkenalkan dengan agama.

Langsung saja kita simak puisi di bawah ini

Puisi Anak Islami ke 1

Oleh: Rochmatul Hidayah

Judul : Aku Anak Muslim

Aku anak muslim

Bersaksi dengan dua syahadat

Asyhadu anla ilaha illallah

Wa asyhadu anna Muhammadan rosulullah

 

Tuhanku satu

Allah yang Esa

Ia daya

Pencipta alam semesta

Termasuk aku dan kalian semua

Jangan berbuat dosa

Ia melihat semua

Walau setetes tinta

 

Rasulku Muhammad

Pembagi syafaat

Pada umatnya yang taat

Dihari kiamat

 

Agamaku islam

Dengan lima rukun islam

Dan enam rukun iman

Itulah yang harus kita pegang

Dengan berdasar alquran

Dan hadits Nabi Sallalla’alaih wasalam

 

Aku anak muslim

Kita semua muslim

Dan muslim adalah saudara

Saudara seiman dan seislam

Maris bersama tingkatkan taqwa dan iman

Sebagai bekal di hari pembalasan

Sesuai judulnya, puisi ini diciptakan oleh anak-anak, sangat sederhana. Atau kalau ga puisi yang dikhususkan kepada anak islam. Sangat cocok diberikan kepada anak Tk, TPQ, atau anak SD. Karena isinya tentang tauhid. Cocok juga bagi anak-anak anda apabila akan melakukan lomba baca puisi.

Bahasanya yang sederhana, hingga anak TK pun paham. Tapi memiliki kedalaman makna yang luar biasa bagi yang mau memikirkannya. Top banget untuk puisi ini.

Puisi Anak Islami ke 2

Pengarang : ……………..

Judul : CINTA KEBERSIHAN

Mari teman, mari kemari

Kita singsingkan lengan baju

Kita bersihkan rumah

Kita bersihkan lingkungan

Kita jaga selalu kebersihan

Jangan biarkan sampah berserakan

Buanglah sampah pada tempatnya

Kita cinta kebersihan

Rumah bersih nyaman

Lingkungan bersih sehat

Karena kebersihan sebagian dari Iman

Puisi islam di atas mengambil tema tentang kebersihan. Ya. Karena sesuai baris terahir kalau “kebersishan sebagian dari iman”. Puisi ini pas sekali diterapkan di zaman sekarang. Karena saya pahami, orang islam kurang mempraktekkan tentang kebersihan ini.

Mungkin kita harus belajar dari puisi islam anak SD ini. Agar lingkungan kita sehat dan terhindar dari bencana. Hehehe. Untuk puisi di atas aku beri skor 80.

Puisi Anak Islami tentang nabi muhammad

Judul : Ya Nabi Muhammad

Pengarang : Tidak ketemu

Ya Nabi Muhammad

Engkau adalah Nabi yang mulia

berakhlakul karimah

dan bermukjizat Al-quran

 

Ya Nabi Muhammad

engkaulah Nabi Akhir zaman

penerus perjuangan nabi terdahulu

Membawa kami menuju jalan yang lurus

 

Ya Nabi Muhammad

kami panjatkan solawat

agar kami mendapat berkah

Baca juga

Puisi anak SD tentang guru

Puisi anak TK

Puisi islam ke tiga bercerita tentang Nabi Muhammad. Diceritakan dalam puisi sekilas tentang sosok nabi Muhammad. Dan pada bait terahir kita di ajak untuk membaca sholawat kepada Nabi Muhammad. Dari segi bahasa puisi islam di atas cocok baik untuk anak TK islam maupun anak SD.

Untuk lomba membaca puisi, puisi di atas lumayan cocok. Hanya terdiri dari 3 bait. Tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang untuk ukuran anak TK atau SD. Tapi tergantung penilaian pembaca sih,

Puisi Anak Islam tentang Romadhon

Judul : tidak diketahui

Karya : tidak diketahui

Ramadhan

Tatkala ramadhan tiba

kita diwajibkan berpuasa

menahan lapar haus

dan menahan hawa nafsu

 

tak kala ramadhan tiba

pintu rahmat dibuka

dan setan dibelenggu

sehingga kita dapat beribadah dengan khusu

 

Ramadhan adalah bulan ampunan

ramadhan adalah bulan penuh rahmat

 

terimakasih tuhan

telah menganugerahkan bulan ramadhan

kepada kami orang islam

kalau pada puisi ketiga menceritakan tentang Nabi Muhammad, maka pada puisi ke empat menceritakan tentang Bulan Romadhon. Diceitakan secara ringkas dalam puisi di atas bahwa seorang muslim wajib berpuasa. Selain itu juga dijelaskan bahwa pada bulan romadhon adalah bulan ampunan. Sedang pada bait terahir berisi tentang rasa terimakasih penulis kepada Tuhan karena telah dianugerahi bulan Romadhon.

Seperti puisi anak SD lainnya. Puisi di atas juga menggunakan bahasa yang sederhana. Jadi tidak perlu pusing-pusing untuk  mengetahui maknanya. Hehe. Tapi secara penilaian puisi anak islam di atas sudah cukup bagus.

Itu lah 4 puisi anak islam yang dapat kami postingkan untuk pembaca sekalian. Silahkan dipilih menurut selera pembaca. Mau pilih puisi pertama atau puisi kedua. Kami hanya menyampaikan puisi yang sudah ada di internet. Meski ada juga puisi yang belum pernah di publis di internet.

Harapan kami semoga dengan adanya puisi anak islami di atas anak anak, baik anak TK atau anak SD lebih dapat termotofasi untuk mengenal agama islam dan dapat mengamalkan ajaran islam. Sehingga nantinya dapat berguna bagi masyarakat maupun lingkungan

Selain puisi islami untuk anak, kami juga sudah banyak memosting puisi dari berbagai tema. Baik puisi cinta, puisi sahabat, maupun puisi guru. Silahkan lihat dibagian menu di atas.

Sebagai penutup kami mohon maaf apabila banyak salah baik dalam pengetikan maupun penyampaian secara bahasa. Sampai jumpa di postingan berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *