3 Puisi Pahlawan tak dikenal

Posted on

Puisi Pahlawan tak dikenal

Puisi Pahlawan tak dikenal – selamat anu pebaca yang asolole. Pada postingan sebelumnya menyediakan puisi sahabat dalam bahasa inggris. Sekarang blog puisi tersayang ini akan menyajikan puisi pahlawan tak dikenal

Ini pas sekali karena puisi pahlawan sangat jarang di posting di blog ini, bahkan kalau tidak salah baru satu puisi tentang pahlawan. Pahlawan adalah orang yang telah berjasa secara besar. Terutama dalam perang melawan penjajah. Ini makna secara umum arti pahlawan. Meski kadang seseorang tertentu bag orang lain juga bisa dibilang pahlawan

puisi pahlawan tak dikenal karya toto sudarto bachtiar , pahlawan tak dikenal karya toto sudarto, puisi pahlawan tak dinekal karya chairil anwar, puisi pahlawan tak dikenal, pahlawan tak dikenal,
gambar dari google

Misal si A telah menolong si B. Sah-sah saja bila si B mengganggap si A adalah pahlawan. Tapi untuk kali ini yang dibahas adalah Pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa raga untuk dapat merebut kemerdekaan bagi bangsa indonesia

Ada banyak pahlawan yang terkenal. Misal Tuanku Imam Bonjol, Cut Nya Dien, Pattimura, dan lain-lain. Itu adalah pahlawan yang tertulis dalam tinta emas sejarah indonesia. Tahukan pembaca yang budiman bahwa masih banyak beribu-ribu pahlawan lain.

Meski namanya tak dikenal, bila ia ikut berjuang melawan penjajah dengan jiwa raga wajib dia disebut pahlawan. Nah di bawah ini adalah puisi tentang pahlawan  yang tak dikenal. Silahkan dibaca dan dinikmati dan diteruskan semangat perjuangan para pahlawan.

 

Judul : Pahlawan Tak Dikenal

Karya : Karya : Toto Sudarto Bachtiar

 

Sepuluh tahun yang lalu dia terbaring..

Tetapi bukan tidur, sayang…

Sebuah lubang peluru bundar di dadanya..

Senyum bekunya mau berkata, kita sedang perang…

 

Dia tidak ingat bilamana dia datang..

Kedua lengannya memeluk senapan..

Dia tidak tahu untuk siapa dia datang..

Kemudian dia terbaring, tapi bukan untuk tidur sayang…

 

Wajah sunyi setengah tergundah..

Menangkap sepi pedang senja..

Dunia tambah beku di tengah derap dan suara menderu..

Dia masih sangat muda…

 

Hari itu 10 November, hujan pun mulai turun..

Orang-orang ingin kembali memandangnya.

Sambil merangkai karangan bunga..

Tapi yang nampak, wajah-wajah sendiri yang tak dikenalnya…

 

Sepuluh tahun yang lalu dia terbaring..

Tetapi bukan tidur, sayang..

Sebuah peluru bundar di dadanya…

Senyum bekunya mau berkata: “aku sangat muda”

 

1955

 

Pada puisi di atas, aku sebenarnya kurang paham. Apakah puisi pahlaawan tak dikenal di atas adalah karya Toto Sudarto Bachtiar atau karya Chairil anwar. Soalnya di internet ada yang menyebutkan karya Toto Sudarto Bachtiar dan ada juga yang menyebutkan karya Chairil Anwar. Barangkali pembaca yang budiman dan budimin ada yang tahu?.

Bagaimana penilaian puisi pahlawan tak dikenal karya Toto Sudarto Bachtiar/chairil anwar itu menurut saya?. Ini menurut saya. Tentu bisa berbeda penilaian menurut yang lain. Jadi jangan di caci maki ya, hehe. Menurut pendapat saya puisi di atas menggunakan bahasa yang sederhana dan tidak rumit-rumit amat. Tapi makna dari puisi tersebut tidak sesederhana bahasanya.

Dan terus terang ada beberapa bagian yang saya kurang paham. (mungkin saya yang kurang ahli). Tapi intinya menurut saya puisi di atas bercerita tentang pahlawan tak dkenal yang gugur. Dengan sebuah luka di tembak di dadanya. Lalu mengapa pada bait pertama disebut “bukan tidur”? mungkin pembaca ada yang mengartikan “meninggal dunia”. Tapi saya sendiri mengartikan bukan meninggal dunia. Maksudnya memang pahlawan telah gugur, tapi jasanya tetap abadi dan dikenang.

Sebetulnya masih banyak hal yang perlu diuraikan dari puisi di atas, tapi  nanti malah ga selesai-selesai. Puisi di atas aku kasih nilai 9. Wowww, lumayan kan.

 

Baca Juga

Kumpulan puisi tentang pahlawan

Kumpulan Puisi Guru terbaik

 

PAHLAWAN TAK DI KENAL

Puisi by : Kidung Sunyi (dari blog cetmas.com)

 

Berjuang

Kobarkan semangat

Hancurkan tentara penjajah

Rela mati, pantang menyerah

 

Meski luka menyayat tubuh

Keringat mengalirkan darah

Tiada kata

Pasrah

 

Demi

Negeri tercinta

Nyawa menjadi taruhan

Bukan untuk sebuah nama

 

Tidak juga demi penghargaan

Tulus hati berkorban

Penuh keikhlasan

Berperang

 

Musuh

Kau taklukan

Di medan perjuangan

Hingga lari tunggang langgang

 

Duhai pahlawan tak dikenal

Jasamu begitu berarti

Tetap terkenang

Selamanya

 

Untuk puisi kedua ini merupakan puisi yang menceritakan tentang pahlawan tak dikenal yang ikhlas berjuang melawan penjajah bertaruh jiwa raga. Bahasa yang digunakan tidak seperti pada puisi pertama. Bahasa sederhana tapi tersusun secara rapi dan elok. Sehingga mempunyai daya tarik tersendiri. Tetapi makna atau pesan yang disampaikan masih dapat dimengerti oleh pembaca. Untuk puisi di atas saya memberi nilai 8.

 

Judul : Pahlawan Tak dikenal

Karya : Anu

 

Siapakah dirimu tuan?

yang terbaring di tanah ini

tanpa nama

hanya tertulis

“meninggal 10 november 1945”

 

Siapakah dirimu tuan?

ikhlas berjuang

tanpa gelar, gaji, atau pujian

bahkan batu nisanmu pun tanpa nama

 

tuan yang terbaring disini

terimakasih atas perjuangan dan pengorbanan

tenang dan bahagialah disana

biar kami yang melanjutkan perjuangan

 

Puisi terahir dari puisi pahlawan tak dikenal ini adalah karya Anu.  Seperti biasa, ditulis dengan sederhana. Pembaca pasti dapat mengetahui maksud dari puisi di atas. Kalau tidak bisa itu sungguh terlalu.

Inti dari puisi di atas adalah si Anu bertanya dalam hati tentang siapa sesosok pahlawan yang telah dikubur dengan tanpa nama. dan juga si Anu merasa berterimakasih kepada sang pahlawan meski tak tahu namanya, dan akan meneruskan  perjuangan pahlawan dengan membangun negeri.

Begitu kira-kira maksud puisi ketiga,

 

Itulah 3 kumpulan puisi pahlawan tak dikenal. Semoga bermanfaat. Bagi ade-ade yang ad tugas dari guru untuk mencari puisi silahkan di tulis kembali 😀 . jangan sungkan-sungkan. Dan untuk puisi lain juga tersedia di blog ini. Silahkan di sercing aja, hehehe

Dengan dipostingnya puisi di atas saya berharap semoga pembaca dan meneruskan semangat para pahlawan, dengan membangun dan mengisi kemerdekaan indonesia dengan pembangunan di segala bidang. Baik pembangunan fisik maupun mental.

Apabila ada kata-kata yang salah mohon maaf yang sebesar-sebesarnya. Dan ingat pesan saya. “jangan lupa ngopi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *